Cara Menghindari Masalah Rembesan Oil Pada Motor 2 Tak

Para pemilik motor 2 tak tentu kerap menghadapi masalah rembesan oil pada motor 2 tak yang membuat lantai kotor. Oli yang merembes ini meski menjadi pemandangan yang lazim terjadi pada sepeda motor tipe 2 tak. Namun perlu diketahui normalnya memang tidak ada rembesan semacam ini, sehingga tidak ada kebocoran oli sama sekali.

Artinya rembesan ini dapat terjadi karena ada penyebab yang memang dianjurkan untuk segera dicari solusinya. Sebab oli atau cairan pelumas yang terus merembes tak pelak akan mudah habis dan apda akhirnya menjadi boros. Tidak hanya boros dari jumlah oli yang sudah dimasukan ke badan mesin motor, namun juga boros dari segi kantong.

 

Menghindari Rembesan Oli Pada Motor Tipe 2 Tak

Membantu menghindari kasus rembesan oil pada motor 2 tak ternyata bisa melakukan beberapa cara, diantaranya adalah:

  1. Memasang komponen dengan pas karena rembesan oil ini kerap terjadi akibat pemasangan seal, gear, dan engkol yang tidak pas.
  2. Berusaha menggunakan knalpot original sebab pemasangan lebih presisi sehingga tidak ada celah untuk oil bisa merembes.
  3. Pemasangan bahu di sekitar knalpot harus pas dan jika sudah kendor usahakan ganti dengan baut yang baru.
  4. Gunakan oli samping dalam jumlah yang tepat agar tidak berlebihan sehingga sengaja dikeluarkan oleh bagian pembakaran motor karena melebihi jumlah yang dibutuhkan.

 

Oil yang merembes keluar selain membuat area parkir kotor, juga menyebabkan pemborosan. Siapa sangka masalah ini ada solusinya sehingga bisa menghemat pemakaian oil mesin. Apalagi pada motor 2 tak memang menggunakan dua jenis oil yang berbeda. Pertama adalah oil samping dan yang kedua adalah oil mesin. Jumlah oil samping yang berlebihan juga menjadi penyebab rembesan oil pada motor 2 tak.

Maka dianjurkan untuk menuangkan oil tersebut dalam jumlah yang pas, kemudian gunakan oli dengan kualitas yang baik. Sehingga bisa terbakar dengan sempurna dan memberikan manfaat yang maksimal dalam melindungi komponen mesin yang bergesekan. Selain itu perlu cek rutin ke bengkel langganan yang terpercaya supaya mendapatkan service rutin.

Pasalnya rembesan oil tersebut juga kerap timbul karena adanya komponen yang salah pasang. Selain itu wajib pula menghindari knalpot modifikasi yang dari segi desain kurang presisi. Nantinya malah memperparah rembesan oil. Meskipun suara mesin motor menjadi tidak gahar, setidaknya tidak bermasalah dengan rembesan oil lagi.

Apabila mencari knalpot maupun onderdil motor 2 tak yang presisi dan kualitasnya maksimal namun harganya ramah di kantong. Menjadikan sparepart dari Baransu adalah tindakan yang sangat tepat. sebab Baransu menjadi penyedia sparepart dengan mutu yang baik, sehingga membantu mengatasi masalah rembesan oil pada motor 2 tak.

Share this post