fbpx

Mengenal Fungsi dari Komponen Gear Box Pada Sepeda Motor

Jika Anda pengguna setia motor manual, motor bebek misalnya maka dijamin akan familiar dengan komponen bernama gear box. Komponen ini juga sering disebut sebagai transmisi manual, maka hanya bisa dijumpai dan digunakan pada motor non matic. Peran utama dari komponen mesin ini adalah untuk memindahkan tenaga supaya terbagi merata di semua komponen motor. Penggunaan transmisi berkualitas bisa membantu meningkatkan daya angkut sebuah kendaraan.

Maka tak keliru rasanya jika kemampuan menahan beban motor non matic jauh lebih baik ketimbang motor jenis matic. Bisa disimpulkan bahwa untuk keperluan usaha misal Anda berniat berjualan sayur keliling memakai motor jenis bebek lebih handal ketimbang motor matic. Supaya maksimal tentu saja perlu memakai transmisi manual dengan kualitas baik, tak lupa pula memberi perawatan yang diperlukan agar tak mudah aus dan rusak parah.

Supaya tak gagap dalam memilih maupun merawat komponen gear box ini maka memahami peran atau fungsinya menjadi penting. Diantaranya adalah:

  1. Berfungsi penting dalam memindahkan tenaga dari komponen transmisi ke komponen gerak lain supaya motor bisa dengan mudah melaju ke depan bukanya mundur.
  2. Berperan dalam penyesuaian daya pada motor yakni dengan skema penggantian gigi baik ketika melaju, hendak berhenti, melintasi tanjakan atau turunan yang tajam.
  3. Menghasilkan putaran mesin yang lebih stabil sehingga memperkecil resiko motor mogok kecuali ada komponen yang rusak parah di dalam mesinya.
  4. Mengubah daya yang dihasilkan motor menjadi tenaga lebih besar sehingga motor bisa melaju dengan kecepatan maksimal.

 

Tidak dapat dipungkiri jika semua komponen di dalam mesin motor memiliki fungsi vital, rusak satu saja meski dari komponen berukuran kecil bisa mempengaruhi kenyamanan berkendara. Komponen transmisi pun demikian, maka diharapkan memilih yang terbaik agar fungsi di atas bisa terpenuhi. Supaya awet baiknya Anda juga merawat gear box tersebut dan perawatan yang diberikan ternyata cukup banyak.

Perawatan pertama adalah rutin mengganti oli transmisi jadi musti dicek agar tak sampai kering Anda sudah memberi pelumas baru. Kemudian jangan asal dalam memilih oli transmisi ini melainkan mencari oli dengan kualitas baik agar daya lumasnya maksimal. Perawatan ketiga dan yang terakhir adalah memperhatikan kebersihan CVT untuk memastikan mesin dan transmisi manual ini tetap awet.

Transmisi manual membantu memaksimalkan tenaga yang dihasilkan mesin untuk menjalankan semua komponen dengan maksimal. Ketika eror terjadi pada komponen ini maka akan mempengaruhi daya angkut dan tenaganya, misal awalnya tidak masalah dipakai melintasi tanjakan sekarang malah mandeg di tengah jalan. Mencegah eror dalam waktu berdekatan dengan penggantian transmisi baru biasakan memakai gear box Baransu yang kapasitasnya bisa bertahan lebih dari 20.000 km.

Share this post