fbpx

Karakteristik Oli untuk Motor Tua yang Tepat

Menggunakan oli yang tepat bagi kendaran bermotor merupakan suatu hal yang wajib untuk dilakukan, terlebih oli untuk motor tua. Oli memilki peranan vital dalam menjaga peforma dari mesin kendaraan. Semakin baik oli yang digunakan, maka akan semakin prima pula kendaraan yang dimiliki. Terlebih bagi motor tua, maka oli terbaik memang harus digunakan, supaya motor tersebut dapat dipakai untuk berbagai keperluan. Lalu apa karakteristik oli yang cocok untuk motor tua?

Bagi para pecinta motor, semakin lama usia motor maka akan memiliki nilai estetika tersendiri. Sehingga tidak heran jika saat ini begitu banyak orang-orang yang menggemari jenis motor satu ini. Ada berbagai alasan mengapa orang tertarik pada motor tua, di antaranya adalah sebagai penyalur hobi, untuk dikoleksi, bahkan ada pula yang menggunakannya untuk kebutuhan sehari-hari.

Sama seperti motor pada umumnya, motor tua juga memerlukan aspek perawatan yang maskimal. Salah satu aspek perawatan tersebut yang harus dilakukan adalah menggunakan oli motor tua yang tepat. Di awal telah dijelaskan bahwa oli memiliki peranan vital dalam mendukung peforma kendaraan. Bagi motor tua, oli tidak hanya sekadar untuk mengoptimalkan peforma, namun juga untuk menjaga daya tahan dari mesin kendaraan itu sendiri.

Menurut beberapa orang pakar, sebaiknya oli motor tua yang digunakan adalah oli yang memiliki karakteristik kental. Mengapa harus oli yang kental? Hal ini dikarenakan kondisi motor yang sudah termakan usia, biasanya memiliki sparepart mesin yang telah lemah. Sparepart yang lemah, memungkinkan terjadinya penguapan oli yang disebabkan oleh kontaminasi zat sisa pembakaran yang terjadi pada mesin. Penguapan tersebut cenderung akan turut menurukan kualitas oli.

Terkait dengan hal di atas, oli dengan karakteristik kental diyakini tidak akan mudah menguap. Sehingga oli akan sangat baik diaplikasikan pada motor-motor tua. Selain itu, penggunaan oli yang memiliki karakteristik kental juga dipengaruhi daya rembes oli itu sendiri. Oli kental diketahui tidak mudah merembes seperti yang terjadi pada oli cair.

Di samping memperhatikan aspek oli untuk motor tua, perawatan motor tua juga harus diperhatikan dari sisi sparepartnya. Biasanya motor tua memiliki kondisi sparepart yang harus benar-benar dijaga. Jika terjadi kerusakan, sebaiknya segera dilakukan pergantian supaya motor tetap dapat digunakan dengan optimal.

Dewasa ini mencari sparepart motor tidak sulit, salah satu caranya dapat dilakukan dengan mengunjungi baransupart.com. Di toko ini teradapat berbagai sparepart kendaraan yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Mulai dari handle motor, spion, gear, knalpot, hingga aneka lampu motor. Semua produk yang ditawarkan di toko ini memiliki kualitas yang terjamin, sebab diproduksi oleh perusahaan kenamaan. Jadi, di samping memahami oli untuk motor tua, jangan lupa juga untuk memperhatikan sparepart dari kendaraan kesayangan Anda tersebut.

Share this post