Kiat Menjadikan Bohlam Motor Lebih Awet Agar Tak Sering Membeli Baru

Kiat menjadikan bohlam motor lebih awet – Vitalnya fungsi dari bohlam motor membuat semua pemilik kendaraan tersebut musti memilihnya dengan seksama. Kemudian paham pula bagaimana memastikan bohlam kendaraan tersebut bisa awet sehingga tak perlu membeli baru terlalu sering. Meskipun harga bohlam khusus motor ini memang murah bahkan bisa dibeli dengan budget tak lebih dari Rp 5ribu perak. Namun tetap saja jika rusak otomatis perjalanan kurang nyaman dan resiko meningkat, jadi musti memilih dengan seksama.

Bohlam pada sepeda motor menjadi salah satu komponen yang membantu memberi pencahayaan agar tak gagap saat memperhatikan kondisi jalan. Ketika berkendara di siang hari mungkin fungsi bohlam nampak terlalu sepele karena pencahayaan bisa mengandalkan kekuatan alam, yakni matahari. Kondisi berbeda manakala berkendara di waktu petang atau ketika jalanan dibasahi oleh air hujan dimana kondisi sekitar lumayan gelap. Ditambah sekarang ada peraturan menyalakan lampu kendaraan meski di siang hari, sehingga wajib bohlam bekerja dengan baik agar terbebas dari resiko tilang.

Pada saat memilih bohlam motor kemungkinan besar Anda mengandalkan nama besar brandnya, yang memang memberi kepastian mengenai kualitasnya. Kemudian yang tidak kalah penting adalah memperhatikan desain bohlam tersebut yang memang wajib sudah bersertifikat SNI. Jika bohlam sudah punya SNI maka Anda bisa sedikit berlega hati karena desainya memang disesuaikan dengan keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Pada saat ganti bohlam usahakan meminta mekanik mengecek reflektor supaya cahaya yang dihasilkan maksimal.

Saat bohlam pada motor kesayangan awet maka hidup menjadi lebih praktis karena tak perlu bolak-balik toko sparepart. Supaya awet usahakan memberi perawatan ini:

  1. Memilih bohlam yang tegangannya sesuai dengan spesifikasi dari kelistrikan mesin motor sehingga memperkecil resiko terjadinya eror dan kerusakan lampu terlalu sering.
  2. Usahakan memakai sistem dimmer saat berkendara di siang hari dan ketika di malam hari diganti dengan sistem jarak dekat.

Pencahayaan pada motor memiliki dua filamen yakni jarak dekat dan juga dimmer atau jarak jauh, yang biasa dipakai untuk memberi tanda pada pengguna jalan lainya. Menariknya sistem jarak jauh atau dimmer ini dianjurkan dipakai pada saat berkendara di siang hari. Supaya meski bohlam motor menyala terus tetap umurnya panjang dan Anda pun bisa berhemat dalam jumlah lumayan, apalagi menyalakan lampu setiap berkendara sudah memenuhi aturan maka tak perlu merogoh kocek untuk denda tilang.

Pemilihan bohlam yang tepat memang mempengaruhi kualitas serta panjang pendeknya umur bohlam tersebut. Penting sekali untuk memilih secara tepat diimbangi pula dengan perawatan yang benar seperti uraian di atas. Anda yang ingin memiliki bohlam yang tahan lama tentu akan sangat tepat jika memilih bohlam motor dari Baransu yang dikenal sebagai distributor sparepart motor berkualitas di tanah air.

Share this post