Motor Matic Vs Manual, Ini Bedanya!

Motor memang menjadi kendaraan primadona bagi kebanyakan orang. Pasalnya kendaraan ini dapat lebih fleksibel untuk digunakan ke mana saja. Bahkan kendaraan satu ini cenderung efektif dalam melaju di tengah-tengah lalu lintas yang padat. Saat ini ada dua jenis motor yang digunakan, yaitu motor jenis matic dan manual. Lantas adakah beda motor matic dan manual tersebut?

Ketika berbicara perbedaan antara motor matic dan manual, ada beberapa aspek yang dapat dililhat. Pertama, dari asek transmisi persneling yang digunakan. Motor jenis manual diketahui menggunakan persneling pada mesin, sementara itu motor matic tidak menggunakan  aspek tersebut. Biasanya persneling pada motor manual terdiri atas 4 hingga 6 jenis transmisi persneling, tergantung pada jenis kendaraannya.

Kedua, perbedaan dua jenis motor ini dapat dilihat dari sisi sparepart pada bagian mesin, khususnya rantai motor yang digunakan. Motor matic menggunakan rantai yang terbuat dari bahan dasar karet dan memiliki bentuk tersendiri. Sementara itu, pada motor manual digunakan rantai yang terbuat dari bahan besi dengan karakteristik yang umum dikenal. Pada aspek ini akan begitu terlihat dengan jelas beda motor matic dan manual.

Terkait dengan sparepart kedua motor ini, meskipun memiliki perbedaan yang cukup signifikan, namun sparepart tersebut mempunyai fungsi yang sama, yaitu sebagai penghubung antara mesin dan roda belakang. Sebagai penghubung, rantai akan mempengaruhi laju dari kendaraan. Motor Anda akan dapat berjalan dengan optimal, jika rantai dalam kondisi yang baik. Akan tetapi jika rantai mengalami masalah, maka sudah tentu akan membuat motor matic maupun manual Anda tidak prima.

Maka dari itu, penting untuk menjaga dan mengontrol rantai yang dimiliki masing-masing motor. Caranya sederhana cukup lakukan pemeriksaan secara rutin terhadap sparepart tersebut. Apabila sparepart harus diganti, maka Anda dapat memperolehnya melalui baransupart.com. Di sana terdapat beragam sparepart motor dengan kualitas yang terjamin, salah satunya adalah rantai motor ini.

Aspek lainnya yang juga dapat diamati untuk mengetahui beda motor matic dan manual adalah body atau tampilan dari motor. Motor manual memiliki bodi yang cenderung ramping, namun tetap kokoh. Sementara body pada motor matic kebanyak lebih bongsor dengan menyusung konsep motor scooter. Perbedaan dari segi body ini juga akan sangat mudah untuk diamati, sehingga tidak akan membingungkan dalam mengidentifikasi kedua jenis motor tersebut.

Bagaimana cukup jelas bukan beda motor matic dan manual? Masing-masing aspek tadi dapat dibuktikan dengan mengamati secara langsung kedua jenis motor tersebut. Sekadar mengingatkan, jangan lupa untuk senantiasa memeriksa sparepart kendaraan Anda. Sebab walau-bagaimana pun, sparepart memiliki fungsi vital bagi setiap kendaraan bermotor. Jika terdapat masalah pada sparepart tersebut dan membutuhkan gantinya, maka baransupart.com siap menjawab kebutuhan Anda.

Share this post