Kenali Tanda-Tanda Piston Motor Bermasalah Agar Performa Motor Tidak Menurun!

Penggunaan sepeda motor sebagai kendaraan pribadi tentu menjadi pilihan banyak orang karena cenderung lebih fleksibel dan efisien dibandingkan dengan penggunaan kendaraan umum. Namun, tak sedikit pengguna motor yang setiap harinya menggunakan sepeda motor tanpa melakukan perawatan rutin pada sepeda motornya sehingga mengakibatkan penurunan performa mesin. Selain itu, pengendara seharusnya tahu tanda-tanda piston motor bermasalah agar tidak merembet ke komponen yang lain.

Salah satu contoh yakni penggantian oli mesin yang tidak rutin. Penggantian oli mesin harus dilakukan secara rutin mengingat fungsi oli yang melumasi komponen-komponen dalam mesin yang saling bergesekan agar tidak aus dan rusak. Jika telat melakukan penggantian oli mesin dapat berakibat fatal pada komponen dalam mesin sepeda motor terutama pada bagian piston. Piston yang bergerak dalam silinder blok akan aus dan dapat mengalami kerusakan jika tidak dilumasi dengan baik. Dan hal ini akan membuat performa mesin sepeda motor menjadi menurun meskipun menggunakan bahan bakar dengan RON 95. Maka sangat penting untuk merawat komponen-komponen sepeda motor agar performanya tidak turun dan berikut adalah tanda-tanda piston motor bermasalah.

Tanda-Tanda Piston Motor Bermasalah

Asap Putih Mengepul dari Knalpot

Gejala ini dapat dilihat secara kasat mata dan terjadi karena piston yang telah aus mengakibatkan oblak pada saat mendorong kepala piston untuk menyemburkan bahan bakar ke ruang mesin sehingga ada celah bagi oli untuk mengalir ke ruang bakar.

Sebenarnya, oli yang melumasi piston untuk bergerak telah dibatasi oleh ring oli piston. Namun, karena muncul celah akibat aus sehingga menyebabkan oli mesin merembet ke ruang bakar mesin. Pelumas yang bercampur dengan bahan bakar ikut terbakar pada ruang bakar menghasilkan kepulan asap yang menyembur bersamaan dengan gas sisa pembakaran dari knalpot.

Tenaga Mesin Menurun Drastis

Gejala lain yakni menurunnya performa sepeda motor secara drastis. Hal ini terjadi karena komponen piston mulai dari setang, ring dan kepala piston yang tidak berfungsi maksimal dalam mendorong bahan bakar ke ruang bakar. Sehingga kompresi mesin juga menurun drastis dan akibatnya proses pembakaran antara bahan bakar dan oksigen diruang bakar tidak sempurna.

Penyebab piston yang tidak berfungsi maksimal ini dapat diakibatkan karena pemasangan yang kurang tepat, faktor usia pemakaian, hingga motor yang sering mengangkut beban melebihi kapasistas standar.

Cara mengatasi kerusakan pada piston adalah dengan mengganti komponen-komponen piston baru. Paket komponen piston Takayama dapat menjadi solusi bagi anda yang membutuhkannya. Produk piston Takayama menggunakan bahan alloy alumunium silikon dan diproses dengan mesin CNC sehingga menghasilkan produk yang sangat presisi. Selain itu, ring dari piston Takayama terbuat dari baja berkualitas dengan elastisitas tinggi serta mampu mengontrol oli dengan sempurna. Jadi, tak perlu ragu untuk mengganti piston rusak anda dengan produk dari Takayama. Untuk melakukan pemesanan produk dapat dilakukan secara online dengan mengunjungi Baransuparts.com. selain piston Takayama, anda bisa mendapatkan produk sparepart Baransu yang anda butuhkan. Cek Baransuparts.com dan dapatkan penawaran menarik.

Share this post