fbpx

Ketahui Penyebab dan Ciri Spull Motor Rusak Agar Kelistrikan Motormu Tetap Prima

Banyak pengendara motor yang masih belum mengetahui fungsi, penyebab dan ciri spull motor rusak. Secara umum, spull atau biasa disebut kumparan merupakan komponen elektronika yang terdiri dari lilitan kawat tembaga dalam jumlah tertentu. Spull mempuyai inti berupa batang karbon atau besi. Komponen ini dibuat dengan sangat teliti mengingat jumlah lilitan kawat tembaga yang akan berpengaruh pada besar kecilnya induksi yang dihasilkan. Yang mana mempengaruhi besar kecilnya tegangan serta kuat dan lemahnya medan magnet.

Secara singkat fungsi spull pada motor adalah sebagai pembangkit tenaga listrik yang selanjutnya digunakan untuk mengisi baterai atau akumulator tegangan dari dinamo atau spull yang tegangannya masih berbentuk tegangan AC, sehingga perlu diubah menjadi tegangan DC dengan menggunakan rangkaian kiprok.

Setelah tegangan listrik AC melewati komponen kiprok dan telah diubah menjadi tegangan DC dengan besar yang sudah ditentukan, selanjutnya akan digunakan untuk mengisi akumulator. Dan dari akumulator inilah tegangan DC akan digunakan untuk menyalakan lampu, klakson dan elektrik starter.

Lalu Apa Penyebab dan Ciri Spull Motor Rusak?

Penyebab dan Ciri Spull Motor Rusak

Komponen spull yang rusak cukup mudah untuk dikenali. Dilihat dari tanda fisiknya makan akan terlihat ciri-ciri spull motor yang sudah rusak, biasanya spull yang mengalami kerusakan kondisi fisiknya terlihat gosong atau terbakar pada bagian lilitan tembaganya. Selain itu, timbul bau menyengat seperti komponen yang terbakar dan kelistrikan pada sepeda motor mati total.

Penyebab spull motor menjadi rusak biasanya dikarenakan sambungan atau socket pada kelistrikan sudah aus karena usia pemakaian yang cukup lama sehingga mengakibatkan konslet, lilitan tembaga yang putus, panas berlebihan pada putaran dinamo dan usia pemakaian pada spull yang cukup lama juga mempengaruhi performa.

Jika mengalami kerusakan pada spull sepeda motor anda, jangan segan-segan untuk mengganti komponen ini dengan komponen yang baru. Spull motor produk dari Baransu bisa menjadi solusi bagi anda. Dengan spesifikasi kawat tembaga yang tahan panas hingga 220 derajat C dan mampu membangkitkan tegangan listrik yang stabil tentu dapat menjamin performa kebutuhan listrik pada sepeda motor serta masa penggunaan yang tahan lama. Untuk pemesanan produk Baransu dapat dilakukan secara online pada situs resmi Baransuparts.com. segera cek Baransuparts.com dan dapatkan penawaran menarik dari kami.

Share this post