Tips Memilih Bearing Motor yang Bagus Agar Tahan Lama

Tips Memilih Bearing Motor – Jika sudah biasa memenuhi kebutuhan mobilitas memakai kendaraan roda dua dijamin sedikit banyak paham permesinan. Minimal tahu komponen mana saja yang terbilang vital, dan salah satu contohnya adalah bearing yang punya banyak istilah di dunia otomotif. Banyak orang bahkan kalangan mekanik menyebutnya sebagai leher ada pula yang menyebutnya dengan istilah klaher, apapun namanya kalau sudah terbiasa ke bengkel dijamin paham.

tips memilih bearing motor

Komponen satu ini pada motor memiliki fungsi sebagai penjaga keseimbangan maka tak salah jika tempatnya ada di roda motor Anda. Bentuknya seperti cincin yang punya beberapa lapisan, sehingga ketika melakukan service rutin biasanya mekanik memberi pelumas pada klaher ini. biasanya pabrikan onderdil kendaraan sudah melapisi klaher dengan cairan pelumas namun terbilang sangat sedikit. Maka ketika mekanik mengganti klaher baru biasanya diolesi kembali dengan pelumas.

Sebagai onderdil yang berfungsi menjaga keseimbangan maka tatkala motor yang dikendarai rodanya terasa bergoyang, artinya komponen bearing mengalami masalah. Jika sudah agak eror seperti ini baiknya segera dibawa ke bengkel untuk diperiksa oleh mekanik berpengalaman. Biasanya jika motor Anda memakai klaher dengan desain terbuka akan diberi pelumas namun jika desainya tertutup tidak perlu diberi pelumas. Namun sekiranya mekanik menganjurkan dilakukan penggantian usahakan tidak bandel.

Opsional saat mengganti klaher ini adalah menerima pilihan dari mekanik atau Anda mencari sendiri ke bengkel atau toko sparepart lain. Supaya tak salah dalam memilih klaher yang bisa jadi mudah rusak maka simak tips berikut saat menentukan pilihan:

  1. Pastikan memilih laher dari bahan atau material yang berkualitas terlihat dari warnanya yang mengkilap dan mulus tanpa goresan sedikitpun.
  2. Klaher berkualitas juga dijamin memiliki bentuk bulat seperti cincin yang sempurna artinya tak ada bagian yang bengkok sedikitpun, sebab jika bentuknya tak bulat sempurna kinerjanya kurang maksimal.
  3. Coba dulu dengan diputar memakai jari, klaher dengan kualitas baik dijamin akan berputar dengan sempurna bukanya mudah tersendat.
  4. Mereknya sudah jelas, jadi silahkan mencari referensi merek klaher yang bagus agar tidak mudah tertipu promosi yang berlebihan.

Usai memilih bearing berkualitas maka Anda pun wajib menjalani semua pantangan untuk menjadikan komponen ini awet. Dimulai dari rutin dicek dan setiap dicek diberi pelumas sehingga bisa berputar dengan baik dan sempurna. Hindari mengangkut beban berlebihan sekalipun motor Anda nampak baik-baik saja sebab klaher mudah soak manakala motor dipakai mengangkut beban berlebihan.

Penggunaan motor dengan intensitas yang tinggi tentu membutuhkan klaher dengan kualitas bagus, pertimbangkan untuk memakai merek yang sudah dikenal mumpuni. Misalnya saja menjajal kemampuan klaher dari Baransu yang memang mempergunakan material berkualitas. Kalau Anda sudah memakai bearing dari bahan sebagus Baransu bisa memperkecil resiko retak atau pecah.

Share this post