fbpx

Tips Memlih Karburator Vakum Setengah Pakai

Penggunaan karburator vakum tentu menjadi pilihan yang menarik jika dibandingkan dengan karburator konvensional. Karburator model vakum ini memang perlu diakui menjadi model pengembangan atas karburator model lama. Tentunya perbaikan pun bisa dijumpai dari beberapa sisi, oleh sebab itu model vakum ini kemudian lumrah diterapkan pada kendaraan keluaran terbaru.

 

Kelebihan Karburator Model Vakum

Penggunaan karburator dengan model vakum semakin jamak dijumpai, apalagi diterapkan pada motor keluaran terbaru. Hal ini tentu tidak terlepas dari kelebihan yang disuguhkan oleh karburator model ini. keunggulan yang paling dominan memang dari kemampuannya yang efektif menghemat konsumsi bahan bakar. Kebanyakan motor dengan teknologi fuel injection sudah menerapkan karburator jenis ini.

Sehingga pada saat mengajak motor melintasi jalanan untuk menempuh perjalanan jauh tidak khawatir kantong bolong. Pasalnya memang konsumsi bahan bakarnya tidak membuat budget perjalanan mengalami defisit. Hanya saja karburator dengan sistem vakum ini bekerja secara unik, yakni menyalurkan bahan bakar ketika saluran pembakaran kosong.

Kondisi ini membuat pemakaian karburator vakum menyebabkan kinerjanya smoot atau lebih lambat, sehingga terkesan kurang responsif. Meski begitu tetap saja efektif menjadikan konsumsi bahan bakar lebih terkontrol. Namun jika dijumpai kerusakan maka perlu segera ditangani oleh ahlinya, sebab butuh beberapa setingan khusus untuk mengembalikan kinerjanya di kondisi normal.

 

Memilih Karburator Bekas

Apabila pembelian karburator vakum baru terasa masih terlalu mahal, maka bisa menimbang membeli yang setengah pakai. Simak tips berikut agar tidak keliru dalam memilih:

  1. Sebaiknya mengecek karburator ini di bagian dalam, hindari membelinya jika dijumpai baret yang terlalu banyak maupun terlalu dalam.
  2. Pastikan posisi dan kondisi jarum skep masih normal atau tegak sebab berfungsi dalam melancarkan aliran bahan bakar ketika motor digas.
  3. Cek kondisi pelampung agar dipastikan normal, sebab berperan dalam menggerakan posisi jarum agar menutup lubang bahan bakar dengan rapat.
  4. Mengecek kondisi lubang venturi untuk menghindari pembelian karburator yang sudah direamer.

 

Pemilhan karburator setengah pakai tak pelak mampu menghemat anggaran karena bisa didapatkan dengan harga lebih ekonomis. Hanya saja karena pernah dipakai pemilik motor lainnya tentu pembeliannya perlu dicek dengan seksama. Sebab membeli karburator yang sudah tidak layak pakai tentu membuat performa motor sendiri mengalami kendala. Pemilihannya sendiri bisa menyimak uraian dan tips yang disampaikan di atas.

Karburator dengan model vakum memang efektif menghemat konsumsi bahan bakar maka peminatnya terus merangkak naik. Apabila kurang cocok memakai karburator setengah pakai, maka bisa memilih yang masih tersegel dari pabrik. Supaya mendapatkan karburator yang mutunya bagus dan tidak menyebabkan kantong tekor.  Sebaiknya mempergunakan produk Baransu yang memang punya mutu terbaik, pasalnya karburator vakum dari Baransu mempergunakan material pilihan dan diproses dengan alat khusus.

Share this post