Tips Meningkatkan Performa Kampas Rem Agar Tahan Lama

Sistem rem di dalam kendaraan memang memiliki peran sangat dominan dalam menentukan kecepatan laju kendaraan, dan di dalamnya terdapat kampas rem atau brake. Kampas atau brake ini menjadi bagian terpenting dalam sistem pengereman baik pada motor maupun mobil. Setiap tipe motor yang berbeda meski dari pabrikan yang sama biasanya membutuhkan desain atau model kampas yang berbeda. Maka perlu disesuaikan dengan spesifikasi motor Anda dan tentunya mekanik lebih paham.

Fungsi utama rem adalah memperlambat laju kendaraan motor Anda, sehingga bisa berhenti ketika memang dibutuhkan. Misal saat harus menepi ketika sudah sampai di lokasi yang dituju sehingga motor tidak bergerak sendiri namun bisa dikendalikan sesuai kebutuhan. Kampas pada rem ini juga berperan penting untuk menjaga keseimbangan kecepatan motor pada saat berbelok, melintasi jalanan menanjak, dan melintasi jalanan menurun supaya tak membahayakan pengendara maupun pengguna jalan lainya.

Semua fungsi tersebut bisa berjalan baik dan Anda menikmati pengalaman naik motor jika kampas rem dalam kondisi baik. Kampas ini perlu diganti berkala bahkan menjadi komponen yang intensitas penggantianya lumayan sering, terutama jika Anda sering melintasi jalanan menurun maupun menanjak. Harganya sendiri lumayan maka penting untuk memilih kampas berkualitas agar tak mudah aus dan sistem pengereman tetap pakem untuk jangka panjang.

Membantu menjadikan kampas di motor Anda cenderung lebih awet maka berikan beberapa perawatan wajib berikut ini:

  1. Pastikan terpasang dengan baik, jika belum paham mengenai hal ini tidak ada salahnya memperhatikan posisi kampas usai dipasang mekanik sehingga tahu bentuk pemasangan yang benar aslinya seperti apa.
  2. Rutin membersihkan bagian kaliper dan juga pin fleksibel dengan tujuan membuat tekanan saat pengereman dilakukan merata sehingga tidak bergeser yang menyebabkan rem agak slip.
  3. Membantu kampas awet maka perhatikan bearing pada roda agar selalu terlumasi dengan baik sehingga kampas ini bisa berfungsi dengan optimal.
  4. Hindari kebiasaan mengerem mendadak dan jika memungkinkan pilih jalur yang rata sebab jalanan kaya lubang membuat penggunaan rem semakin intens.

 

Sesuai dengan namanya bagian kampas rem ini memang dilapisi oleh bahan yang teksturnya mirip dengan amplas. Sebab fungsi rem adalah untuk mengurangi laju kendaraan sehingga mengandalkan gerakan kinetik dari kampas dan tromol. Tak mengherankan jika komponen ini paling sering diganti karena semakin lama bagian dengan lapisan mirip amplas ini akan semakin halus.

Usahakan mematuhi jadwal service rutin sehingga kampas diganti tepat waktu untuk menjaga kualitas pengereman tetap pakem. Jangan lupa untuk memakai kampas berkualitas baik sehingga bandel, misalnya kampas dari Baransu yang dikenal punya masa pakai lebih lama. Pertimbangkan untuk memakai kampas rem Baransu pula, siapa tahu Anda berjodoh dan cocok.

Share this post